Follow Us @soratemplates

Kamis, 12 November 2020

Komputer dan Pemerintah

Komputer dan Pemerintah

 Komponen Apa Saja Yang Ada Pada Komputer? | Superprof

Di era serba digital ini, pastinya semua pihak ikut berpartisipasi untuk meningkatkan efisiensi dalam mengerjakan suatu hal menggunakan teknologi. Termasuk dalam pemerintahan yang memiliki data administrasi skala besar. Untuk memfasilitasi masyarakat dengan cepat, pemerintah memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hal ini menjadikan pemerintah sebagai pemakai komputer terbesar. Berikut ini akan dibahas mengenai hubungan komputer dengan pemerintah.

 

A.    Aplikasi Komputer di Pemerintahan

Pemerintah tentunya menggunakan berbagai aplikasi untuk mengolah maupun menyimpan data administrasi. Aplikasi berikut ini dapat menunjang kegiatan operasional pemerintahan :

1.      Aplikasi kepegawaian

Digunakan untuk pengolahan data seperti kenaikan pangkat, mutasi pegawai, serta penentuan masa pension.

2.      Aplikasi di pemerintahan daerah

Digunakan untuk keperluan di bidang kependudukan seperti pembuatan KTP, kepegawaian tingkat daerah, perumahan, dan lalu lintas.

3.      Aplikasi Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor

4.      Aplikasi perpajakan

5.      Aplikasi pertanahan

 

B.     Pengelolaan Data dan Permasalahannya

Berdasarkan pembahasan kali ini, pengelolaan data merupakan kegiatan mengumpulkan, mengolah, mengatur, dan menyimpan data-data yang dilakukan oleh pemerintah. Bukan tidak mungkin dalam kegiatan pengelolaan data terjadi beberapa permasalahan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Struktur pendataan belum terstandarisasi

2.      Resiko perbedaan data bagi organisasi besar

3.      Entri data tidak konsisten, solusinya dengan otomatisasi data agar dapat merevolusi pemerintah mengelola data menjadi lebih rapi dan terstruktur

4.      Sistem masih konvensional

5.      Perbedaan sistem pengelolaan data

6.      Informasi ganda

7.      Perbedaan tempat penyimpanan data, solusinya dengan menggunakan penerjemah system.

8.      Overload data yang masuk

9.      Pemetaan data tidak terstruktur dengan baik, solusinya adalah membuat rencana detail sepeerti membangun system struktur dasar terlebih dahulu.

10.  Kurang siapnya SDM pengelolaan data

 

C.     Hubungan Pertahanan Nasional dengan Komputer

Adanya komputer tidak menjamin serratus persen mengenai keamanan data di dalamnya, maka dari itu suatu pemerintahan harus mampu menyikapi kewaspadaan terhadap keamanan informasi. Sebagai contoh, saat ini telah diterapkan dari pemanfaatan keamanan siber dalam strategi komunikasi humas dapat menjamin pertahanan nasiona yang kokoh serta sebagai dasar pijakan mengklarifikasi informasi.

Ancaman keamanan siber yaitu antara lain serangan hacker dari luar pemerintah, serangan malware, spam email, serangan fisik infrastruktur teknologi informasi, pencurian data pribadi dalam mobile device, dll. Untuk menangani masalah ini, pemerintah memiliki Gov-CSIRT (Government Cyber Security Insiden Response Team) yang merupakan tim respon insiden siber sector pemerintah, tugasnya ialah membangun. Mengoordinasi, mengolaborasi system mitigasi manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber.

 

D.    Hubungan Antara Komputer dan Politik

Kebanyakan pemanfaatan komputer dalam bidang politik adalah untuk keperluan kampanye, penggalangan dukungan dana, dan pembinaan kader. Perencanaan yang matang dalam memanfaatkan internet sebagai sarana efektif menggalang dukungan massa. Dukungan dari pimpinan partai politik serta kesediaan berkomunikasi menggunakan internet. Cara ini efektif dan efisien karena masyarakat sudah terbiasa menggunakan internet menjadikan para pelaksana kampanye merasa lebih berhasil dengan memanfaatkan teknologi.

 

E.     Isu dan Masalah Perkembangan Komputer Bagi Pemerintah

Sejalan dengan berkembangnya teknologi dalam lingkup pemerintah, muncul beberapa dampak positif maupun negatif yang tidak terelakkan. Komputer memang memberikan keuntungan bagi masyarakat dengan komunikasi yang semakin baik dan tentunya cepat, transportasi berbasis online yang telah dijamin keamanannya, serta mempercepat pekerjaan dan efisien dalam ketenaga kerjaan.

Dengan terus berkembangnya teknologi, semakin timbul kecemasan pada masyarakat mengenai pekerjaan mereka. Pekerjaan yang tadinya memerlukan manusia, sekarang sedikit demi sedikit mulai bergantung pada tekonolgi dengan alasan bahwa biaya, kecepatan, dan ketelitian kerja menggunakan mesin lebih tepat.

Pengaturan lalu lintas, pengendali penerbangan, hingga pencarian informasi merupakan contoh dari banyaknya peran yang telah diambil oleh komputer. Komputer dimanfaatkan untuk menciptakan atau mengembangkan teknologi lain yang kedepannya memungkinkan menggeser peran manusia sebagai pelaku dalam suatu pekerjaan.

Di masa yang akan datang, komputer akan berkembang sesuai kebutuhan pada zaman tersebut. Masyarakat seperti “dituntut” untuk paham teknologi agar memudahkan urusan masing-masing. Namun hal ini menimbulkan isu sosial dalam masyarakat, seperti pekerjaan, kesehatan serta citra pribadi. Perasaan takut dan prihatin tak dapat terelakkan. Walaupun sesungguhnya penggunaan komputer diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan.

 

F.      Contoh Aplikasi yang Digunakan atau Dibuat Untuk Pemerintahan Serta Fungsinya

Demi menunjang efisiensi dalam pemerintahan, berikut ini aplikasi untuk kepentingan urusan pemerintahan beserta fungsinya :

1.      Gov2Go

Fungsinya dari aplikasi ini adalah memberi peringatan jatuh tempo pembayaran pajak property ataupun registrasi voter.

2.      Qlue

Aplikasi ini digunakan DKI Jakarta untuk memudahkan masyarakat melayangkan komplain atas kerusakan fasilitas maupun masalah di lingkungan tempat tinggal.

3.      Tangerang Live

Aplikasi ini memudahkan masyarakat Tangerang untuk mencari berita, Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), E-paper, siap kerja, dan perizinan.

4.      PIKOBAR

Pusat Informasi dan Koordinasi Wabah Penyakit dan Bencana Jawa Barat dibuat dengan tujuan sebagai sumber komunikasi dan informasi bagi masyarakat Jawa Barat. PIKOBAR juga menyajikan data visual penanganan bencana atau penyebaran penyakit di Jawa Barat.

5.      Info BMKG

Badan Metereologi dan Geofisika memberikan informasi mengenai perkiraan cuaca, kualitas udara, peta iklim, info gempa bumi, maupun pers resmi BMKG.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar